Sabtu, 09 Juni 2012





 
Rumah Gadang di Minangkabau  selain sebagai rumah tempat tinggal  , berfungsi sebagai dasar awal pendidikan bagi anak-anak dan kemenakan bagi masyarakat minangkabau  dan selanjutnya anak-anak dan kemenakan beranjak dewasa untuk pendidikkan umum mereka memasuki sekolah umum  dan untuk agama mereka mengaji di surau-surau dan bahkan diikuti dengan seni budaya minang  , yang tinggal disurau pada umumnya anak laki-laki  sementara anak perempuan penghuni rumah gadang .
Bertitik tolak dari tata kehidupan tersebut  Masyarakat Minang khususnya di Sumatera Utara sudah mempunyai rumah gadang yang diupayakan pembangunannya oleh orang tua-tua kita dan seluruh masyarakat minang yang ada di perantauan propinsi Sumatera Utara , yang diresmikan oleh seorang putra/putri minang yang kala itu menjabat sebagai Walikota ,Kotamadya Medan  Yaitu  Bapak Syurkani , Prof . Dr.Hj. Djanius Djamin SH.Ms kala itu Ketua DPRD Sumut ,ini adalah satu-satunya asset yang perlu dikembangkan , diberdaya gunakan untuk kepentingan orang banyak khususnya masyarakat minang pada umumnya .
Kondisi Rumah Gadang saat ini sangatlah memprihatinkan  , bangunan sudah mulai lapuk , bocor , tidak terawat dengan baik  dsbnya  ,  hal ini perlu ditanggulanggi dengan segera  kalau dibiarkan resikonya akan lebih parah  .
 Langkah-langkah penanggulangan kedepan harus disusun berdasarkan konsep yang terperinci , perencanaan yang matang meliputi berdaya guna secara total dimasa datang  menuju masyarakat Minang Mandiri di Sumatera Utara.
Beberapa langkah awal  dan  berdaya guna kedepan  (produktivitas)  :
l.        Renovasi dan modifikasi  :
-          Tata bentuk , tata ruang  sayembarakan ke anak kemenakan  yg ahli dibidang nya (arsitekdsnya)
-     Ruangkan dibentuk/didesign sesuai kebutuhan jangka panjang meliputi pengembangan dimasa datang yaitu pengembangan  dibidang ekonomi , wirausaha,pendidikan , agama , seni /budaya dan pendidikan politik
-          Masalah dana , perencanaan renovasi dan modifikasi pembahasan  tersendiri .


ll.       Berdaya Guna ke Depan   (produktivitas)

1.      Bidang ekonomi / wirausaha
 -   Gedung disewakan untuk pesta perkawinan , rapat ,seminar  , pelatihan dsbnya.
 -   Tempat Praktek Dokter bersama  dilengkapi dengan Apotik
 -   Tempat  Lembaga Bantuan Hukum
 -   Tempat penjualan hasil Hadycraft masyarakat minang  mulai dari sandang ,  
    pangan dan penyalur beras -> sasaran  Seluruh Rumah Makan Padang dan                            
      Masyarakat Minang  khususnya .
 -    Pasa Lambuang   -> menunjang kebutuhan aktivitas rumah gadang
     (Pesta , rapat seminar  , pergelaran seni dan budaya dll)
 -    Usaha musiman    :  Penyediaan/penyalur lembu kurban .
 -  Bidang Jasa  lainnya    :  Arsitek  , asuransi  , Koperasi Syariah Simpan Pinjam  ,Jasa Pembayaran , Telepon , listrik , air  dllnya , Pengelola diserahkan kepada yang professional di bidangnya dengan bagi hasil atau profit sharing dgn BM3   ….” Jariah Manantang Buliah  “   (Profesional ,  transfaran dan accountable) pembahasan /kajian lebih  dalam  tersendiri .
                      Missi    :  Rotation of Money ….. baputa dari awak untuk awak
2.      Pendidikan  /Latihan
Rumah gadang  bisa dimamfaatkan sebagai sarana tempat pendidikan yang bersifat part time contoh    Kursus –kursus  , bimbingan test  dll ,.   Jadwal diatur sedemikian rupa agar tidak menganggu aktivitas dan kegiatan lainnya.

3.      Agama
Rumah Gadang juga bisa dimamfaatkan tempat pengajian mingguan ibu-ibu  atau pengajian akbar pada hari besar islam .

4.      Seni , Budaya dan Politik
Rumah gadang juga dapat dimamfaatkan untuk pengembangan seni budaya Minang Spt Tari-tarian  ->  dpt dikomersialkan …. , pencak silat  , pasambahan dll nya .
Pasambahan adalah  termasuk pendidikan politik , komunikasi , seni dan budaya
Sarana   Tempat pengelaran seni dan budaya , (spt  Lomba Kreasi Tari Minang , tembang kenangan Lagu minang  sekali sebulan  dll )
5.      Pusat Informasi dan komunikasi Perantauan Minang di Sumatera Utara.
                                                                                                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar